Jumat, 02 Mei 2008

Pengaruh Model Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Samudera Indonesia Tbk Cabang Belawan

ABSTRAK

Kepemimpinan situasional merupakan interaksi diantara (1) sejumlah petunjuk dan pengarahan (perilaku tugas) yang pemimpin berikan, (2) sejumlah dukungan emosional (perilaku hubungan) yang pemimpin berikan, dan (3) tingkat kesiapan (kematangan) yang para bawahan tunjukkan dalam melaksanakan tugas khusus, fungsi atau sasaran. Kinerja adalah hasil kerja seseorang karyawan selama periode tertentu dibandingkan dengan berbagai kemungkinan misalnya standard, target/sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan disepakati bersama.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: apakah ada pengaruh perilaku instruksi terhadap kinerja karyawan, apakah ada pengaruh perilaku konsultasi terhadap kinerja karyawan, apakah ada pengaruh perilaku partisipasi terhadap kinerja karyawan, apakah ada pengaruh perilaku delegasi terhadap kinerja karyawan, apakah ada pengaruh model kepemimpinan situasional (perilaku instruksi, perilaku konsultasi, perilaku partisipasi dan perilaku delegasi) secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. Samudera Indonesia Tbk Cabang Belawan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku instruksi terhadap kinerja karyawan, untuk mengetahui pengaruh perilaku partisipasi terhadap kinerja karyawan, untuk mengetahui pengaruh perilaku konsultasi terhadap kinerja karyawan, untuk mengetahui pengaruh perilaku delegasi terhadap kinerja karyawan, untuk mengetahui pengaruh model kepemimpinan situasional (perilaku instruksi, perilaku partisipasi, perilaku konsultasi dan perilaku delegasi) secara simultan terhadap kinerja karyawan.
Teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan dalam penelitian ini yaitu daftar pertanyaan (Questioner), Wawancara (Interview) dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data yang penulis gunakan adalah regresi ganda, korelasi ganda, uji F, uji T dan koefisien determinasi.
Secara parsial, perilaku instruksi (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) pada taraf signifikan 0,05 di PT Samudera Indonesia Tbk Cabang Belawan. Variabel perilaku konsultasi (X2), perilaku partispasi (X3) dan perilaku delegasi (X4) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) pada taraf signifikan 0,05 di PT Samudera Indonesia Tbk Cabang Belawan. Secara simultan, variabel perilaku instruksi, perilaku konsultasi, perilaku partisipasi dan perilaku delegasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Samudera Indonesia Tbk Cabang Belawan. Nilai koefisien korelasi ganda secara bersama-sama antara variabel X1, X2, X3 dan X4 (perilaku instruksi, perilaku konsultasi, perilaku partisipasi dan perilaku delegasi) terhadap variabel Y (kinerja karyawan) diperoleh R = 0,611. Dari uji F diperoleh 8,635 dengan sig 0,000 < a0,05, yang berarti variabel X1, X2, X3 dan X4 (perilaku instruksi, perilaku konsultasi, perilaku partisipasi dan perilaku delegasi) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (kinerja karyawan) pada taraf a0,05.

Tidak ada komentar: