Jumat, 02 Mei 2008

Pengaruh Budaya Organisasi dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) - Medan

ABSTRAK


Budaya organisasi merupakan nilai-nilai dan norma yang dianut dan dijalankan oleh sebuah organisasi terkait dengan lingkungan di mana organisasi tersebut menjalan kegiatannya. Budaya organisasi dalam sebuah organisasi biasanya dikaitkan dengan nilai, norma, sikap dan etika kerja yang dipegang bersama oleh setiap komponen organisasi. Promosi adalah proses perubahan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain dalam hirarki wewenang dan tanggung jawab yang lebih tinggi daripada dengan wewenang dan tanggung jawab yang telah diberikan kepada karyawan pada waktu sebelumnya. Kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) – Medan dan mengetahui pengaruh yang dominan antara budaya organisasi dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) - Medan.. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian survey.
Hioptesis dalam penelitian ini adalah : “Budaya organisasi dan promosi jabatan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) - Medan”.
Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada karyawan tetap yang terdapat pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) - Medan yang berjumlah 265 orang. Oleh karena jumlah populasi dalam penelitian ini lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil sampel 25% dari 265 orang karyawan yang ada di Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) - Medan, yaitu 66 orang.
Data dikumpulkan dengan pengamatan langsung, angket dan studi dokumentasi. Variabel yang diteliti dengan rating scale. Angket terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 12,0, dianalisis dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1). Budaya organisasi dan promosi jabatan berpengaruh high significant terhadap kinerja karyawan. Budaya organisasi dan promosi jabatan berpengaruh high significant terhadap kinerja karyawan. Hal ini berarti budaya organisasi dan promosi jabatan sangat menentukan atau berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan. (2). Sacara parsial budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan promosi jabatan juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Kata kunci: budaya organisasi, promosi jabatan, kinerja karyawan

Tidak ada komentar: