Jumat, 04 Juli 2008

PENGARUH PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA

ABSTRAK
Keselamatan kerja menunjukkan pada kondisi yang aman atau selamat dari penderitaan, kerusakan atau kerugian ditempat kerja. Kesehatan merujuk pada kondisi fisik, mental, stabilitas emosi secara umum. Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar para pekerja dan yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan. Produktivitas adalah konsep universal, yang dimaksud yaitu menyediakan banyak barang dan jasa untuk kebutuhan semakin banyak orang dengan menggunakan semakin sedikit sumber-sumber daya.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Unit UTPK Belawan, mengetahui pengaruh yang dominan (program keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan kerja) terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Unit UTPK Belawan. Penelitian yang dilakukan bersifat asosiatif dengan metode survey
Hipotesis dalam penelitian ini adalah : “Program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Unit UTPK Belawan”.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini dibatasi pada karyawan Bagian Operasional yang terdapat pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Unit UTPK Belawan yang berjumlah 81 orang.
Data dikumpulkan dengan daftar pertanyaan, wawancara dan studi dokumentasi. Daftar pertanyaan terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 12,0, dianalisis dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1). Program keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. (2). Secara parsial program keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dan lingkungan kerja juga berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. (3). Lingkungan kerja mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap produktivitas kerja karyawan dibandingkan dengan program keselamatan dan kesehatan kerja, hal ini terlihat melalui tingkat signifikansi pada persamaan regresi variabel bebas terhadap variabel terikat.

Kata kunci: program keselamatan dan kesehatan kerja (K3), lingkungan kerja, produktivitas kerja

Tidak ada komentar: