Sabtu, 17 Mei 2008

Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sarana Sumut Ventura – Medan

Kepemimpinan yang baik dalam perusahaan merupakan hal yang penting dalam era organisasi modern yang menghendaki adanya demokratisasi dalam pelaksanaan kerja dan kepemimpinan perusahaan. Pemberian kompensasi yang layak kepada karyawan dapat mendorong dan memotivasi para karyawan untuk bekerja lebih produktif, efisien dan efektif untuk mencapai tujuan (goals) dan sasaran-sasaran (objectives) organisasi serta tidak pindah ke perusahaan lain.Akibat yang mungkin timbul dari adanya kepemimpinan yang buruk dan pemberian kompensasi yang kurang memenuhi harapan karyawan adalah penurunan kinerja karyawan yang akan membawa dampak kepada penurunan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan PT Sarana Sumut Ventura Medan serta mengetahui faktor yang paling dominan (kepemimpinan atau kompensasi) mempengaruhi kinerja karyawan PT Sarana Sumut Ventura Medan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang didukung dengan survey.
Hioptesis dalam penelitian ini adalah : “Kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT Sarana Sumut Ventura Medan”.
Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada karyawan staff yang terdapat pada PT Sarana Sumut Ventura - Medan yang berjumlah 32 orang dan semua anggota populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan pengamatan langsung, angket dan studi dokumentasi. Variabel yang diteliti dengan skala Likert. Angket terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 12,0, dianalisis dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) secara serempak, kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) secara parsial kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. (3). Kepemimpinan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kinerja karyawan dibandingkan dengan kompensasi.

Kata kunci: kepemimpinan, kompensasi, kinerja karyawan

Tidak ada komentar: